Test-Play Pokemon Diamond and Download Link :D

Sorot gambar dengan Pointermu untuk menggunakan zoom :)


Hayo.. siapa yang sedang liburan akhir semester??
Sayaaaaa 
Kamu juga? Alhamdulillah yaa   photo doukana.gif

Gimana liburanmu? Lagi seru? Atau lagi bosan karena libur sendiri sedangkan yang lain masih pada beraktivitas?

Kalau kamu mengalami gejala yang kedua, maka semoga entri kali ini bermanfaat untuk mengisi sebagian waktu libur kamu.. ya, sebagian.. jangan semua dong.. 

Di awal libur akhir semester ini, aku menemukan sebuah game offline yang lumayan menarik, yakni Pokemon Diamond. Eit.. ada yang belum tahu Pokemon apaan? Belum pernah lihat juga ada Diamond-nya? 

Pokemon adalah singkatan dari Pocket Monster alias monster yang fleksibel bisa dibawa kemana-mana dan muat masuk saku.. Ah! Monster Saku!! :D Duh anehnya pengertian ini.. yah disebut demikian karena monster-monster yang bentuk umumnya berasal dari hewan, tumbuhan, maupun mitos ini dapat "ditangkap" dengan sebuah bola elektronik.. 

Source: here
Pada awal kemunculannya hanya berupa animasi yang ditampilkan di TV. Animasi tersebut berkisah tentang Ash (versi Inggris) alias Satoshi (versi Jepang) yang menemukan sebuah makhluk kuning unyu menggemaskan yang dipanggil Pikachu di Lab. Prof. Oak. Yang kemudian kisah selanjutnya menjadi Base Story Line untuk versi game-nya, yakni bertemu banyak Pokemon (sesuai tagline-nya, Gotta Catch 'em All) untuk keperluan penelitian Prof. Oak sebagai ilmuan di bidang Pokemon, berlatih memperkuat Pokemon-mu dengan melawan para Gym Leader, hingga menjadi Champion setelah mengalah Elite Four dan Champion sebelumnya di Pokemon League. Dalam animasinya, Ash selalu mengunjungi wilayah baru bersama Pikachu-nya. Berawal dari wilayah Kanto, kemudian Johto, Hoen, hingga Sinnoh di Pokemon Diamond and Pearl. Kalau di game, beda wilayah ini menjadikannya memiliki karakter yang berbeda serta Pokemon utama yang berbeda pula. Begitu pula dengan Pokemon Legendarisnya. Kurang lebih begitu penjelasan tentang Pokemon. Untuk lebih lengkapnya, para Prof. di setiap game akan menjelaskannya. 

Nah.. Diamond-nya itu adalah versi dari game-nya yang berformat .nds. Jadi pada mulanya Game Freaks, perusahaan pembuat game ini, membuat game Pokemon adalah Pokemon Red, Blue, dan Yellow dengan Pokemon utamanya adalah Charmender, Squirtle, dan Pikachu dalam format Gameboy Colour (.gbc). Gambarnya masih seadanyaaaa sekali. Yang penting ada yang bergerak, efek, cerita, Pokemon, dan suara. Kurang lebih begitulah.. Pada pokemon versi awal ini, musuhnya sama yakni Team Rocket dan Pokemon legendarisnya adalah Mew dan Mewtwo. Tujuan dari game ini selain berhadapan dan menangkap Pokemon Legendaris adalah menggagalkan misi buruk Team Rocket, khususnya leader mereka, Giovani, dan menjadi Champion dengan mengalahkan Para Elite di Kanto Pokemon League. 

Source: here
Source: here
Source: here
Kemudian, muncul Pokemon Gold dan Pokemon Silver yang dikompilasi dalam Pokemon Crystal. Dalam versi ini kamu diberikan 3 pilihan Starter Pokemon, Cyndaquil, Chikorita, dan Totodile yang merupakan Pokemon Api, Tanaman, dan Air. Bagi kamu yang sudah terlanjur nempel dengan karakter Pikachu di animasinya, kamu akan mendapatkannya setelah memenangkan Johto Pokemon League. Setelahnya kamu akan dapat peta baru. Di peta itulah kamu dapat mencari lokasi Pikachu kemudian menangkapnya. Cukup lama ya baru bisa ketemu? 

Source: here
Meskipun masih berformat .gbc, Pokemon Crystal sudah lebih mendingan. Gambarnya lebih berwarna dan efek-efeknya juga divisualisasikan dengan lebih baik. Musuhnya sama, tujuan gamenya juga sama. Namun bedanya, di Pokemon Crytal kamu mendapat lebih banyak Pokemon Legendaris seperti Ho-oh, Lugia, Celebi, Suicune, Raikou, dan Entei. Ho-oh dan Lugia ada masa dan caranya tersendiri untuk berhadapan dengannya. Sedangkan Celebi meski kita sudah tahu tempatnya di awal permainan, tapi tetap ada syarat dan ketentuan berlakunya. 

Suicune adalah Pokemon Legenda yang akan menantang kamu di Spirit Tower. Jangan khawatir, kamu pasti ke sana. Sedangkan Raikou dan Entei sebenarnya merupakan tiga sekawan dengan Suicune, tetapi mereka berpencar. Kamu harus rajin-rajin "ngerumput" di daerah Johto kalau mau ketemu mereka. Ya, menurut saya ini merupakan salah satu bagian terseru dari game ini. Mereka dapat muncul kapan saja. Sebenarnya bisa sih dikejar, ada alat pendeteksi keberadaan mereka yang nanti kamu dapatkan, tapi mereka tidak akan berdiam diri. Setiap perpindahanmu akan berakibat perpindahan juga bagi mereka. Tapi jangan khawatir, intinya Game Freaks ingin kita dapat mereka kok.. Jadi pasti ketemu.. Saya saja sudah dapat ketiganya.. Siapkan saja Master ball (Poke ball yang 100% berhasil dapat) atau Ultra ball dan save game-mu ketika berhadapan dengan mereka.. Jadi kalau mereka kabur atau tidak tertangkap kamu bisa mengulanginya lagi berkali-kali hingga mereka tertangkap.. Hehehe 

Source: here
Source: here
Barulah kemudian muncul format Gameboy Advance (.gba) yang umumnya dimainkan via Nintendo. Tapi pada akhirnya, saya tidak tahu ini resmi atau tidak, muncul pula yang dapat dimainkan di PC/Laptop/Handphone dengan mengandalkan sebuah emulator. Emulator yang sering digunakan untuk memainkan game-game berformat .gba adalah Visual Boy Advance (VBA). Ya, yang berformat .gba bukan hanya Pokemon saja. Ada game-game lain seperti Megaman, Naruto, Avatar, dan sebagainya.








Nah, semenjak format .gba ini dibuat, maka game Pokemon semakin berkembang. Dapat dilihat dari deretan serinya mulai dari  Fire Red, Leaf Green, Ruby, Sapphire, hingga Emerald. Pokemon Fire Red dan Leaf Green merupakan pengembangan dari format .gbc-nya jadi gambar udah lebih yahud. Starter Pokemonnya adalah Bulbausar, Charmender, dan Squirtle (pilih salah satu loh ya.. bukan semuanya..). 

Source: here
Source: here













Di versi Pokemon Ruby dan Sapphire ini mulai bermunculan berbagai Pokemon baru. Untuk Starter Pokemon-nya ada Treecko, Torchic, dan Mudkip. Pokemon Legendanya juga sudah beda. Kyogre untuk Pokemon Sapphire (tipe air) dan Groudon (tipe api) untuk Pokemon Ruby. Musuhnya? Satu Team Aqua dan satunya lagi Team Magma. Pokemon Emerald merupakan penyempurnaan dari keduanya. Pokemon Legendanya juga bertambah yakni Reyquaza. Selain tiga Pokemon legenda tersebut, juga terdapat para Regi, yakni Regice, Registeel, Regirock, dan Regigas. Mereka adalah Pokemon Legenda tambahan yang tersembunyi di tempat-tempat tertentu. Hadir pula Jirachi, Mew, Ho-oh, Lugia, serta Latios-Latias. Anyway jangan khawatir, seperti game-game sebelumnya semua Pokemon Legendaris pasti "disembunyikan", tapi Game Freak tetap ingin kita temukan kok..  

Source: here
Pada ketiga versi ini juga sudah ditemukan beberapa fitur baru seperti menanam Berry (beneran loh, nanti kamu siram juga) yang bisa dijadikan Candy kemudian diberikan ke Pokemon-mu, kontes Pokemon untuk mendapatkan Ribbons, pertarungan ganda (2vs2), serta Ability dan Nature yang bisa membantu kamu dalam battle (misalnya ability Levitate, Pokemon dengan ability ini tidak akan menerima dampak dari serangan bertipe Ground  ).

Melihat kesuksesannya ini, maka Game Freaks mengembangkannya lagi ke format Nintendo DS (.nds). Sejauh ini, format ini merupakan yang teranyar dan terus dikembangkan. Di awal pengembangannya, Game Freaks merilis Pokemon Mystery Dungeon dan Pokemon Ranger untuk merambah format .nds ini. Di kedua game tersebut kamu akan berperan sebagai Pokemon-nya. Cukup aneh sih.. Kemudian diliris pula Pokemon HeartGold dan Pokemon SoulSilver sebagai format .nds dari Gold dan Silver sebelumnya. Pada format .nds ini perubahannya luar biasa pesat dari segi gambar. Selain itu, keunikannya adalah Pokemon utama kamu akan berada di luar Poke ball dan mengikutimu dari belakang. Barulah kemudian Pokemon Diamond (and Pearl) dirilis dengan mengusung Story Line dari versi animasinya.

Begitu deh cerita singkat yang paling singkat mengenai kenapa ada Diamond-nya. Jadi harap maklum kalau tidak lengkap-lengkap sekali. Hanya mencoba untuk memberikan sedikit gambaran berdasarkan apa yang saya tahu dan alami.. Nah sekarang kita ulik yuk si Pokemon Diamond ini.. Siapa tahu setelah ini kamu bisa langsung coba untuk mengisi sebagian liburanmu 

Source: here
Bila berbicara tentang Pokemon Diamond, umumnya digandengkan dengan Pokemon Pearl menjadi Pokemon Diamond and Pearl (D&P). Seperti sebelumnya, bila terdapat dua versi seperti ini maka akan ada satu yang menjadi kompilasinya. Ya, Pokemon Platinum lah jadinya. Tapi sayangnya aku ketemu dan telah terlanjur memainkan Pokemon Diamond. Jadi dari pada mengulang-ulang di versi Pearl dan Platinum (meskipun Platinum lebih banyak Pokemonnya dan ada Giratina + Dialga dan Palkia) ya sudah aku selesaikan saja versi yang satu ini. Saat ini (26/1/'13), aku telah menyelesaikan kedelapan Gym. Posisi terakhirku berada di depan Pokemon Center sebelum Victory Road. Setelah memainkan game ini, kamu akan mengetahui di manakah itu.. 

Pokemon Diamond merupakan versi "lanjutan" dari sebelumnya yang kali ini berlokasi di wilayah Sinnoh. Kamu akan disapa oleh Professor Rowan saat pertama kali memainkan game ini. Kemudian memilih karakter, laki-laki atau perempuan. Seperti versi sebelumnya, kamu juga memiliki rival di sini. Di awal cerita juga demikian, kamu berada di sebuah kamar rumahmu yang terletak di kota Twinleaf. Bedanya, saat itu kamu sedang menyaksikan siaran televisi tentang adanya Gyarados berwarna merah. Sudah sedikit canggih lah ya? 


Setelah turun dari tangga, "ibu"mu telah berada di sana dan berbicara padamu tentang rivalmu. Selanjutnya kamu akan ke rumah rivalmu dan mencari Gyarados Merah bersamanya ke danau Verity yang terletak di rute 201. Cukup dekat dengan kotamu. Hanya berjalan beberapa langkah untuk keluar kota, kamu akan dipandu otomatis oleh game, tenang saja 

Setelah tiba di danau, kamu akan menjumpai Professor Rowan dan Dawn. Dawn, yang sebelumnya menjadi rivalmu di versi Sapphire, Ruby, dan Emerald, kini menjadi.. bisa dibilang.. teman perjalananmu. Dia memang tidak selalu hadir di sisimu.. hehe.. tapi dia paling sering muncul untuk memberikanmu sesuatu atau pun arahan. Mereka pun pergi meninggalkan danau setelah percakapan mereka kita dengar. Selanjutnya, rivalmu akan menunjukan bahwa mereka meninggalkan sebuah koper di sana. Ketika kamu akan mengambilnya untuk dikembalikan, sepasang Pokemon berwujud burung akan menyerang kalian. Di sini adalah awal kalian memilih Starter Pokemon dan pengalaman First Battle. Terdapat 3 starter, yakni Turtwig (tipe Tanaman, namun setelah berevolosi akan memiliki tipe Tanaman dan Ground), Chimchar (tipe Api, namun setelah berevolusi akan memiliki tipe Api dan Fighting), dan Piplup (tipe Air, evolusi terakhirnya menjadi tipe Air dan Steel).


Ketiga starter ini menurut saya sangat bagus dan memiliki kelebihan masing-masing. Ketiganya memiliki tipe tambahan ketika telah berevolusi. Mempelajari kekuatan dan kelemahan tipe-tipe ini sangat membantu untuk di kemudian hari.. Nah, berhubung saya sangat menyukai evolusi terakhir Turtwig yang seperti kura-kura namun ditumbuhi sebuah pohon dan batu cadas di tempurungnya maka saya memilihnya 

Setelah selesai dengan keputusanmu, selanjutnya adalah First Battle-mu. Ketika battle kamu akan menemui perbedaan versi Diamond ini dari sebelumnya. Game yang sebenarnya dimainkan di Nintendo DS dengan dua layar ini (salah satunya merupakan layar sentuh) juga dihadirkan demikian ketika dimainkan dalam sebuah emulator. Jadi, layar atas (jika kamu menggunakan tampilan default) sebagai layar yang umumnya menampilkan seluruh aktivitas kamu atau dapat disebut juga sebagai layar utama, sedangkan layar bawah yang merupakan layar sentuhnya membantu kamu mengeksekusi suatu perintah, seperti pemilahan move yang akan Pokemon kamu lakukan, pemberian nama, atau bahkan PokeTech. PokeTech ini akan kita bahas selanjutnya. Saya rasa kamu tidak perlu khawatir dengan First Battle-mu. Saya belum pernah memainkan game Pokemon versi apa pun kalah di First Battle.. hahaha :D Sepertinya memang sudah direncanakan untuk kemenanganmu. Gunakan saja move yang berdampak mengurangi Health Point (HP)  lawan. Meskipun HP-mu sudah merah (tinggal sedikit) biasanya lawan tidak akan menyerangmu. Paling hanya menggunakan Growl (yang berakibat pada pengurangan daya serangmu padanya) atau tail whip (yang berakibat pada pengurangan daya defense-mu terhadap serangannya). Because that's your first battle 


Please jangan bingung melihat gambarnya. Tadi 'kan aku bilang layar atas-bawah kalau pakai tampilan default alias vertikal, nah ini menggunakan tampilan horizontal, jadi layarnya kanan-kiri. Untuk merupah tampilan ini kamu dapat mengubahnya dari menu View di menu bar emulator-mu, kemudian LCDs Layout. Yang 2 kolom di kiri adalah layar utama dan layar sentuhnya. Sedangkan gambar-gambar kecil di kolom ketiga adalah potongan dari salah satu layar saja.

Mari berfokus pada 2 kolom pertama dari kiri. Layar kiri adalah game-play kamu, navigasinya di kanan. Tanda siku merah menunjukan kamu sedang menggunakan keyboard untuk mengeksekusinya. Yap, jadi layar sentuhnya juga bisa dijalankan via keyboard dengan menggunakan tombol A, B, X, Y, Left, Right, dan Select. Umumnya adalah tombol Z, X, Shift Kanan, S, Q, W, dan E secara berurutan di keyboard kamu. Tapi bila tidak demikian atau ingin kamu ubah, klik saja menu Config pada menu bar emulatormu dan pilih Control Config. 

Balik ke layar sentuhnya. Layar sentuh ini memudahkanmu dalam pemilihan move dan lainnya. Misalnya pada pemilihan move pada gambar, "tombol" fight yang disediakan cukup besar untuk mencakup keempat tombol move di belakangnya 'kan? Kamu dapat langsung mengarahkan pointer mu ke move yang menurut kamu paling efektif digunakan lalu tinggal klik 2 kali. Tidak perlu menggeser-geser posisi tanda siku merah dengan tombol navigasi di keyboard-mu. Lumayan berguna lah ya? 

Lanjut ke gambar-gambar kecil di kolom ketiga. Setelah first battle-mu, nantinya Dawn akan kembali mengambil koper itu. Kamu dan rivalmu pun berinisiatif meminta maaf ke Professor Rowan karena menggunakan Pokemon-nya tanpa izin. Namun, kamu akan disuruh menghadap padanya di Laboraturiumnya di kota Sendgem. Pergilah ke sana. Ikuti saja jalan yang ada. Bila melewati rerumputan dan bertarung, kamu bisa lari kalau buru-buru atau hadapi saja. Jika perjalananmu dirasa masih jauh dari kota Sendgem dan kondisi Pokemon-mu telah "sekarat", ada baiknya kamu pulang dan menghadap "ibu"mu. Beliau akan menyehatkan kembali Pokemon-mu. Kemudian lanjutkan kembali ke kota Sendgem. Setibanya di sana, Dawn akan menyambutmu dan membawamu masuk ke Lab. Prof. Rowan seperti para Prof. sebelumnya akan memintamu membantunya mengisi PokeDex (Pokemon Index, berisikan data-data dari Pokemon yang sudah pernah dilihat ataupun ditangkap). Dia akan memberikan itu dan menanyakan apabila kamu ingin memberi nama panggilan untuk Pokemon-mu. Istilahnya sih panggilan sayang.. haha   

Selanjutnya.............
How do we remove /? M=1 from Blogspot blog? The best answer.